Jumat, 28 Februari 2014

Apa yang diinginkan negara ini dari kita?

SMA PELITA II
JL. MACAN NO. 23 - 29
JAKARTA BARAT

Kata Sambutan

Sebagai generasi muda yang akan meneruskan masa depan bangsa, kita harus ikut melakukan apa yang diinginkan negara dari kita. Banyak generasi muda yang menyimpang dari yang diharapkan oleh negara kita. Oleh karena itu, kita harus memperbaiki hal tersebut. Negara membuat beberapa hal yang diinginkan untuk kita lakukan. 

Pembahasan
Beberapa hal itu adalah sebagai berikut:
  1. Religious
  2. Jujur
  3. Toleransi
  4. Disiplin
  5. Kerja keras
  6. Kreatif
  7. Mandiri
  8. Demokratis
  9. Rasa ingin tahu
  10. Semangat kebangsaan
  11. Cinta tanah air
  12. Berprestasi
  13. Bersahabat
  14. Cinta Damai
  15. Gemar membaca
  16. Peduli lingkungan
  17. Peduli sosial
  18. Tanggung jawab
Dari sekian banyak yang diinginkan negara dari kita, kami mengambil beberapa hal yang kami anggap paling utama dari apa yang negara inginkan dari kita, yaitu:
  • Cinta damai
 Kami mengambil "Cinta damai" sebagai salah satu hal yang kami pikir adalah yang diinginkan negara ini dari kita karena sesuai dengan Pembukaan UUD 1945 alinea pertama yang berbunyi,"Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan." Kita harus mengurangi peperangan yang terjadi di negara kita. Kita harus membawa damai kepada sesama kita.
  • Cinta tanah air
Kami mengambil "Cinta tanah air" sebagai salah satu yang paling utama karena kitalah yang seharusnya mencintai negara kita. Kalau bukan kita, siapa lagi?
Maka dari itu, kita harus menghargai produk dalam negeri, kita harus menggunakan produk-produk yang dihasilkan dari dalam negeri karena itulah salah satu dari kebanggaan kita. Salah satu contoh dari cinta tanah air adalah menggunakan batik yang merupakan hasil karya Indonesia.
  • Peduli sosial
Kami mengambil " Peduli sosial" sebagai salah satu hal utama yang kami pilih karena manusia adalah makhluk sosial. Kita harus membantu orang lain yang membutuhkan bantuan kita, bukan hanya kepada kelompok tertemtu saja tetapi kepada semua orang. Salah satu contoh menunjukkan kepedulian sosial kita adalah membantu korban bencana. Mungkin kita bisa menyumbangkan beberapa hal yang dapat kita berikan kepada korban bencana alam.
  • Disiplin
Kami mengambil "Disiplin" sebagai salah satu hal utama yang kami pilih karena disiplin sangat dibutuhkan dalam kehidupan kita. Disiplin adalah perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang percaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya. Seperti contoh mengerjakan tugas yang diberikan dengan tepat waktu. Tanpa disiplin maka masyarakat tidak akan berkembang seperti saat ini.
  •  Religious
Kami mengambil "Religious" sebagai salah satu hal utama yang kami pilih karena religious adalah kepercayaan kepada Tuhan sesuai dengan sila pertama yaitu "Ketuhanan yang Maha Esa". Religious dibutuhkan karena tanpa agama seseorang tidak akan menjadi orang yang bermoral. Contoh dari religious adalah beribadah secara rutin.

  • Semangat Kebangsaan
Kami mengambil "Semangat Kebangsaan" sebagai salah satu hal utama yang kami pilih. Semangat kebangsaan dapat membuat  kita semakin cinta dengan negara bangsa kita sendiri. Negara juga menuntut kita untuk mempunyai semangat kebangsaan. Oleh karena itu, semangat kebangsaan sangat diperlukan. 
  • Jujur
 Kami mengambil "Jujur" sebagai salah satu hal utama yang kami pilih karena jujur bersifat :
  1. Tidak berbohong
  2. Tidak curang
  3. Tulus dan ikhlas
Dan mungkin sekarang ini sulit menjumpai orang yang jujur. Oleh karena itu kita harus bersikap jujur karena jujur merupakan suatu sikap yang perlu diteladani oleh semua orang.
  • Kreatif
Kami mengambil "Kreatif" sebagai salah satu hal utama yang kami pilih karena kreatif
adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan baru antara gagasan dan anggitan yang sudah ada. Dari sudut pandang keilmuan hasil dari pemikiran berdaya cipta biasanya dianggap memiliki keaslian dan kepantasan. Sebagai alternatif, konsepsi sehari-hari dari daya cipta adalah tindakan membuat sesuatu yang baru.
  • Bersahabat 
Kami mengambil "Bersahabat" sebagai salah satu hal utama yang kami pilih karena  bersahabat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Manusia tidak dapat hidup sendiri,oleh karena itu manusia perlu bersahabat dengan manusia yang lain. Dengan bersahabat kita dapat menjadi lebih baik dan kita akan mendapatkan bantuan dan dukungan dari semua sahabat kita.

  •   Kerja Keras
Kami mengambil "Kerja Keras" sebagai salah satu hal utama yang kami pilih karena tanpa kerja keras kita tidak dapat membangun negara kita untuk menjadi lebih baik untuk masa depannya. Kerja Keras juga dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Kerja keras adalah berusaha dengan sepenuh hati dengan sekuat tenaga untuk berupaya mendapatkan keingingan pencapaian hasil yang maksimal pada umumnya.

Kesimpulan

Kita harus ikut serta dalam melakukan hal-hal yang negara inginkan dari kita, karena kita harus menjadi generasi penerus yang baik bagi negara kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar